Taman Kupu Kupu Karimunjawa

Taman Kupu Kupu Karimunjawa

taman kupu-kupu karimunjawaTaman Kupu-kupu Karimunjawa atau dikenal juga dengan nama Karimun Butterfly Park, merupakan tempat konservasi kupu-kupu dan ajang pendidikan dari berbagai spesies kupu-kupu, Taman Kupu-kupu Karimunjawa dibangun di area seluas + 800 meter persegi. Tempat wisata Karimun Butterfly Park berada di desa Karimunjawa tepatnya daerah Kapuran, dengan jarak kurang lebih 700 meter dari perkotaan alun-alun Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Taman Kupu-kupu Karimunjawa merupakan Taman kupu-kupu yang ada di Jawa Tengah. (Karimun Butterfly Park) didirikan pada 1 April 2014. Menindaklanjuti International Butterfly Conference yang digelar di Makasar, Sulawesi Selatan, untuk mempromosikan dunia serangga Indonesia yang sangat kaya.

Taman Kupu-kupu Karimunjawa merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat Anda mengagendakan liburan Wisata Bahari di Karimunjawa. Di tempat wisata ini, para pengunjung akan lebih mengenal dan mendapatkan edukasi tentang kupu-kupu dari beberapa spesies yang dikembangbiakkan.

Selain kupu-kupu hidup, wisatawan juga dapat melihat berbagai koleksi spesimen yang diawatkan, dan bisa mendapatkan beraneka ragam souvenir yang bertema kupu-kupu.

Selain melihat kupu-kupu, penguunjung juga dapat menikmati Gallery Fofo 3D Art, Bioskop 3D Cinema, Jade Massage Theraphy, Resto Butterfly Park, beserta permainan-permainan pasar malam tradisional.

Berbagai spesies kupu-kupu yang hidup di seluruh kepulauan Indonesia sebagian dapat Anda temukan di Taman Kupu-kupu Karimunjawa (Karimun Butterfly Park). Selain bersenang-senang dalam agenda liburan di karimunjawa, kunjungan ke taman kupu-kupu juga memberikan pengalaman baru serta tambahan pengetahuan, terutama untuk buah hati Anda. Bisa melihat dari dekat bagaimana proses metaformosis kupu-kupu, mulai dari telur, larva, pupa, kepompong, hingga kupu-kupu dewasa, tentu merupakan sebuah pengalaman yang tidak bisa didapatkan di tempat wisata lain.

Selain berfungsi sebagai pusat konservasi dan tempat wisata, Taman Kupu-kupu Karimunjawa juga sering dimanfaatkan sebagai tempat penelitian. Tempat wisata ini sengaja dibangun di daerah Karimunjawa, karena memiliki potensi selain wisata bahari yang ada di Karimunjawa.

Kunjungan terbaik ke Taman Kupu-kupu karimunjawa sebaiknya pada pagi hari, sebelum jam 10.00. Pada pagi hari, kupu-kupu biasanya aktif untuk menghisap nektar (madu) dan embun segar dari bunga-bunga yang tumbuh di taman tertutup. Anda bisa menyaksikan beberapa jenis spesiesĀ  kupu-kupu beratraksi diantara bunga-bunga, menmpilkan warna-warni sayap yang sangat indah.