Beranda » Berita » 6 Spot Wisata Menarik Di Karimunjawa Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kepulauan Karimunjawa yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini merupakan salah satu taman laut paling indah di Indonesia. Tempat wisata Karimunjawa dengan keindahan alam dan lautnya sangat mempesona dan menarik untuk di kunjungi. Taman laut yang berada di perairan Laut Jawa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di kawasan Provinsi Jawa Tengah. Daya Tarik utama Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Kawasan perairannya memiliki ombak yang cenderung sangat tenang dan pemandangan bawah laut yang indah. Ada banyak spot wisata menarik di Karimunjawa ini. Dan inilah beberapa spot wisata menarik di Karimunjawa yang wajib anda kunjungi jika berkesempatan berlibur ke sana.

Spot wisata menarik di karimunjawa yang wajib di kunjungi

1. Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam merupakan pantai di Karimunjawa yang dikenal sebagai salah satu spot wisata menarik di Karimunjawa untuk menikmati pemandangan sunset. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan matahari tenggelam di pantai ini terlihat begitu memikat. Pada dasarnya, pantai ini memang sudah indah dengan pasir berwarna putih serta ombak yang sangat tenang. Pantai dengan suasana seperti ini adalah sesuatu yang lazim di Karimunjawa.

2. Pantai Annora

Di pantai Annora ini kamu dapat menyaksikan sebuah pantai dengan instalasi seni yang etnik. Mulai dari meja dan kursi yang asik untuk bersantai, ayunan yang diletakkan mulai dari batang pohon, hingga ayunan yang di letakkan di laut, taman kecil yang lucu, hingga aksesoris tambahan yang menambah kesan art yang indah tetapi tetap sederhana.

Kamu juga akan disuguhkan dengan panorama hamparan pantai yang terbentang luas dari atas bukit. Namanya Bukit Annora. Masih dalam satu area pantai Annora juga. Anda bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki ketika ingin mengunjungi Bukit Annora ini.

3. Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love Karimunjawa ini juga mempunyai keistimewaan dan keindahan yang bisa kamu nikmati bersama teman perjalanan atau orang tersayang. Di salah satu spot wisata menarik di Karimunjawa ini kamu bisa menemukan beberapa ikon. Seperti ikan kakak tua yang berwarna hijau. Ikan ini adalah menu favorit untuk wisatawan ketika ingin bebakaran di pulau.

Karena letaknya yang tinggi. Kamu bisa menyaksikan pagelaran senandung senja juga di sini dengan latar depan pemukiman penduduk karimunjawa dan hilir mudik kapal nelayan dan kapal wisata yang membawa wisatawan mengelilingi tempat wisata di karimunjawa.

4. Tracking Mangrove Karimunjawa

Spot wisata menarik di Karimunjawa selanjutnya adalah Tracking Mangrove Karimunjawa. Ini adalah hutan mangrove yang dimiliki oleh Karimunjawa. Secara lokasi, hutan mangrove ini terbagi menjadi dua. Satu sisi masuk ke dalam pulau Karimunjawa, sisi lain masuk ke pulau kemujan. Di sana sudah dibuatkan fasilitas seperti jalan yang terbuat dari kayu, pos penjagaan, papan serta pusat informasi tentang satwa dan fauna di hutan mangrove sebagai upaya edukasi bagi wisatawan oleh pengelola.

Selain fasilitas tadi, di sana juga ada tempat menarik lainnya yaitu gardu pandang. Gardu Pandang di Tracking Mangrove Karimunjawa ini cukup tinggi. Anda dapat melihat hamparan pohon mangrove luas yang berserak, bukit-bukit yang hijau dan lautan indah Karimunjawa.

5. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar merupakan sebuah pulau tak berpenghuni lain yang juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi pulau ini berada di sebelah sisi sebelah timur dari pulau Karimunjawa. Butuh waktu sekitar 30 menit penyebrangan dengan perahu motor untuk bisa sampai ke pulau ini dari Pulau Karimunjawa. Perairan di sekitar pulau ini sangat dangkal sehingga perahu tak bisa bersandar di pantai ini. Di sisi sebelah utara pulau ini ada pulau cantik lain yang sering di sebut pulau cemara kecil. Bermain di perairan dangkal di pulau ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

6. Dermaga Mrican

Dermaga Mrican adalah tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan dari mencari ikan di laut lepas. Ketika ada kapal bersandar, warga akan berdatangan untuk membeli hasil tangkapan nelayan tersebut. Biasanya kejadian ini terjadi di pagi hari. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh ikan, Anda harus datang pada pagi hari. Pada sore hari kamu bisa mendapatkan sunset yang menarik di Dermaga Mrican ini. Jika waktu dan cuaca bagus, kamu bisa menikmati sunset di dermaga ini. Berjalanlah menuju ke dermaga tersebut dan duduklah di pinggir dermaga tersebut hingga matahari terbenam.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.