Pulau Cilik Karimunjawa
Pulau Cilik

Pulau Cilik Karimunjawa

Pulau Cilik adalah salah satu pulau di 27 gugusan pulau di Karimunjawa, sudah banyak artikel, gambar, foto dan ulasan tentang pulau yang menawan ini, pada TRIBUNNEWS.COM , pulau ini pernah di muat dengan judul – “Gelar The Paradise of Java memang layak disandang Karimunjawa, Kabupaten Jepara.” dengan Hamparan pasir putih, jernihnya air dan beragam biota laut yang memesona membuat siapapun yang datang ke pulau ini betah berlama-lama bahkan enggan pulang.

Satu di antara 27 pulau di Karimunjawa yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Cilik. Keragaman biota laut di perairan sekitar pulau ini menjadi surga bagi pecinta snorkeling. Rasa penasaran langsung menyeruak saat melihat bayangan terumbu karang dari atas kapal. Jernihnya air memang membuat siapa saja bisa melihat isi laut meski samar-samar. Namun, begitu nyemplung dan melihat lebih dekat, akan terlihat coral yang begitu indah.

Ada table coral atau terumbu karang berbentuk lempengan besar menyerupai meja, karang hitam, triton terompet, nautilus berongga, batu laga, juga karang merah yang semuanya bisa dinikmati dari balik kacamata selam. Tak sekadar bentuk, warna warni terumbu karang tersebut menarik hati. Ada yang berwarna ungu, hijau, biru, kuning, serta merah. Jangan takut melihat lebih dekat coral-coral itu karena Anda akan melihat biota lain di sekitarannya.

Ikan kupu-kupu atau butterfly fish berwarna biru hijau yang datang berombongan, bahkan ikan badut atau clown fish yang malu-malu muncul dari anemone.

Ada pula babi laut yang menyerupai landak, juga bintang laut berwarna biru yang diam tak bergerak namun memesona.

Jika ingin selfie berlatar terumbu berwarna-warni atau dikelilingi butterfly fish, jangan lupa membawa remah-remah roti untuk menarik perhatian mereka. Kegiatan snorkeling bisa dilakukan di sekitar dermaga kayu yang menjadi ciri khas pulau ini. Tapi, hati-hati ketika Anda memilih beraktivitas di kawasan dangkal.
Jangan sampai kaki katak atau fins yang Anda kenakan menyentuh bahkan merusak terumbu karang yang ada.

Selain keindahan bawah laut, Pulau Cilik juga menawarkan panorama indah. Sambil duduk santai di bangku-bangku kayu panjang yang disediakan, Anda bisa menikmati hamparan laut hijau kebiruan sambil menikmati es kelapa muda.

Tiduran di hammock atau ayunan tidur sambil menikmati semilir angin juga membuat Anda lebih relaks. Cara lain menikmati pulau ini adalah jalan-jalan mengelilinginya.

Tak kurang dari satu jam menyusuri hamparan pasir putih di sekeliling pantai di pulau ini, Anda akan kembali ke titik awal. Spot di sisi kiri dermaga paling sering dimanfaatkan untuk foto.

Selain Pulau Cilik, Karimunjawa memiliki pulau-pulau lain yang menyediakan keindahan laut yang tak kalah menarik. Secara keseluruhan, kawasan ini memiliki hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias, beberapa fauna langka, berupa Elang Laut Dada Putih, penyu sisik serta penyu hijau. Selain biota laut, beberapa tempat lain yang bisa dikunjungi di antaranya penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar, pulau menjangan kecil, tracking mangrove di Pulau Kemojan, hingga melihat sunrise di Pantai Tanjung Gelam .